Monday, May 23, 2016

Tutorial Membuat Planet pecah ke beberapa bagian dalam bentuk 3D dengan Blender

Kali ini saya akan membuat tutorial tentang planet dalam bentuk 3D seperti ini menggunakan aplikasi Blender 2.77


1. File -> User Preferences, lalu akan muncul window baru
2. Kemudian pilih Add-Ons, ketik 'cell' pada search box, lalu ceklis pada 'Cell Fracture'


3. Lalu delete gambar kubus dengan cara klik kanan mouse pada kubus, lalu klik delete pada keyboard (atau klik X)
4. Lalu tekan Shift+A -> Mesh -> UV Sphere
5. Klik Numpad 5 pada keyboard, atau bisa juga dengan klik View pada toolbar bawah, lalu pilih 'View Perspective' agar tampilannya seperti ini

6. Lalu klik Numpad 7 agar tampilannya berubah seperti dilihat dari atas

7. Klik kanan pada objek lampu, kemudian klik G pada keyboard untuk memindah objek, lalu pindahkan seperti ini

8. Pada toolbar sebelah kanan, klik icon Data, kemudian pada toolbar atas, ganti tulisan Blender Render menjadi Cycle Render.

   Set Size pada data menjadi 3. Paling bawah ada tulisan Use Nodes kemudian klik, lalu ganti Strength menjadi 2000



9. Klik kanan pada objek Kamera, kemudian klik kiri pada panah merah secara bersamaan agar bisa dipindahkan secara horizontal.
   Lakukan hal yang sama pada panah hijau untuk dipindahkan secara vertikal. Lalu klik R untuk merotasi objek dan rotasilah kamera menghadap ke objek bundar seperti ini.



10. Klik Numpad 3 agar tampilan seperti dilihat dari kanan. Kemudian klik kiri pada panah biru, kemudian klik R dan rotasilah seperti posisi ini.

11. Zoom untuk memperbesar tampilan dengan tekan CTRL+ + Klik kanan pada objek bundar, kemudian klik Modifier pada toolbar sebelah kanan, lalu klik Add Modifier. Pilih Subdivision Surface untuk memperhalus bundaran. Pada Subdivisions, ganti View menjadi 2, kemudian klik Apply.

12. Setelah itu Add Modifier -> Solidify. Pada Thickness ganti menjadi 0.05

13. Pilih Material pada toolbar kanan, kemudian New Material. Pada tulisan Surface, pilih Mix Shader. Pada Shader pertama dan kedua ganti menjadi mode Diffuse BSDF, lalu ganti warnanya. Pada toolbar bawah ganti Shading dari Solid menjadi Rendered. Kemudian tekan Numpad 1 untuk melihat tampilan dari depan dan nantinya kan seperti ini.





14. Scroll kebawah pada Material, disana akan terdapat box Displacement. Ganti menjadi seperti ini agar terdapat efek retakan, nantinya akan menjadi seperti ini.
15. Ganti shading menjadi mode Solid.
16. MAsih di Material, klik tanda plus untuk menambah material baru, lalu New Material. Ganti modenya seperti ini.
17. Kemudian pada toolbar kiri pilih Cell Fracture. Akan muncul window baru, ubah settingannya menjadi seperti ini. Jika sudah klik OK. Akan muncul proses render yang cukup memakan waktu lama. Tunggu saja.

18. Setelah proses selesai, hasilnya akan muncul pada layer berikutnya.Klik Layer berikutnya untuk melihat hasilnya.

19. Tekan Shift+klik kanan pada objek, lalu pilih Join. Kemudian tekan Tab untuk mengganti menjadi Edit Mode. Lalu klik A dua kali.

20. Pilih Remove Doubles agar potongan2 menjadi lebih timbul.

21. Pilih Smooth Vertex kemudian ganti smooth shading jadi 2. Kemudian tekan P lalu pilih 'by loose parts' untuk menghilangkan satu potongan. Lalu tekan Tab untuk mengubah ke Object Mode.

22. Tekan A untuk meng-unselect, kemudian tekan B untuk menselect, select pada bagian tengah objek. Tekan M, kemudian klik pada layer berikutnya untuk memindahkan objek pada layer berikutnya.

23. Kemudian klik layer ketiga. Setelah itu klik Cell Fracture, kemudian ubah aturannya menjadi seperti ini. Tunggu hingga proses selesai.

24. Tekan A, kemudian X untuk delete. Kemudian pilih layer berikutnya.
25. Klik Shift+klik kanan, kemudian Join.
26. Kemudian tekan Tab -> A dua kali, lalu pilih Smooth, kemudian tekan P -> by loose parts. Lalu tekan Tab -> A -> B (seleksi tengah objek)

27. Tekan M untuk move pada layer 3, nantinya akan bagian yg diseleksi akan hilang seperti ini. Kemudian buka layer 3, lalu view -> navigation -> Orbit Up
28. Pada keyboard tekan Shift+Ctrl+Alt+C kemudian pilih Origin to Geometry, kemudian pada toolbar bawah klik Manipulator Center Point atau yang iconnya seperti ini.

29. Tekan S agar potongannya lebih terpisah.
30. Pilih layer 4, tekan A -> Shift+Ctrl+Alt+C -> Origin to Geometry -> S (arahkan agar potongan lebih terpisah)

31. Shift+klik kiri pada layer 2 dan 3 agar semua layer menyatu seperti ini.

32. Kali ini saya akan buat inti dari planet. Pilih Layer 1, kemudian pada material klik - dua kali agar semua material hilang. Kemudian ikuti petunjuk ini. Pilih Rendered View.

33. Tekan Numpad 7, perkecil tampilan, kemudian SHift+A -> Mesh -> Cube, pindahkan, lalu tekan S+X+10. Tekan Numpad 1, S -> Z -> 5 nantinya akan tampil seperti ini.34. Ikuti petunjuk dibawah ini untuk membuat background berbintang.



35. Tekan Shift+A -> Mesh -> Ico Sphere, pindahkan keluar objek planet. Ikuti petunjuk ini.


36. Klik kanan pada kubus yang berbintang. Ikuti petunjuk ini. Tekan Numpad 0 untuk melihat dalam mode Camera.


37. Pilih dalam Rendered View. Pilih Camera -> R, kemudian rotasilah agar planet terlihat miring. Kemudian tekan Render. Proses Render akan memakan waktu yang cukup lama.

38. JIka proses render telah selesai, sekarang kita buat efek cahaya pada tengah planet. Pada ujung kiri bawah diatas Frame, ubah dari 3D View, ke mode Node Editor.
39. Kemudian ikuti petunjuk dibawah ini.




40. Setelah selesai gambar akan otomatis muncul di tempat dimana kalian menyimpan filenya

Selesaaaaiii, jadilah gambar planet dengan efek partikel2nya yang terpisah.. Selamat mencoba... :D







No comments:

Post a Comment